Sabtu, 03 Desember 2016

RESENSI BUKU STUDI ISLAM 1



STUDI ISLAM 1
MERESENSI BUKU

Tugas ini disusun untuk memenuhi mata kuliah Studi Islam 1
Dosen Pengampu; Dr. Hasani Ahmad Said, M.A.



Disusun Oleh :

AULIA EKA YUNITA                 11160850000061




PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UIN SYARIF HIDAYATULLAH 2016


KAJIAN ISLAM KONTEMPORER DALAM STUDI ISLAM


1.      IDENTITAS BUKU
Buku ini berjudul Studi Islam 1: Kajian Islam Kontemporer yang ditulis Dr. Hasani Ahmad Said. M.A. Buku ini diterbitkan oleh PT.RAJAGRAFINDO PERSADA pada bulan Juli 2016 di Jakarta. Buku ini merupakan cetakan pertama dengan jumlah halaman sebanyak 294 halaman dengan ukuran panjang buku 23 cm.
2.      ISI BUKU
Dalam buku Studi Islam 1 ini memuat 12 kajian Islam Kontemporer meliputi; Studi Islam dan Ulumul Qur’an, Studi Islam dan Kajian Hadits, Studi Islam dan Kajian Fikih, Studi Islam dan Tasawuf, Studi Islam dan Kajian Ekonomi Syariah, Studi Islam dan Filsafat dalam Pendekatan Agama, Studi Islam dan Pendidikan Berbasis Al-Qur’an, Studi Islam dan Potret Tafsir Nusantara, Studi Islam dan Tafsir Kontemporer, Studi Islam dan Analisis Sosiologis – Antropologis, Studi Islam dan Tafsir Ahkam dan Studi Islam dan Sastra Al-Qur;an.
Di dalam buku ini juga terdapat kata sambutan dari Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yakni Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A. Selain itu, dalam buku ini juga terdapat kata sambutan dari Dekan FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yakni Dr. M. Arief Mufraini, Le., M.Si. Ada juga prakata yang disampaikan oleh penulis, yakni Dr. Hasani Ahmad Said, M.A. Dan endorsemen/testimony dari buku Studi Islam 1: Kajian Islam Kontemporer. Di bagian akhir dari buku ini terdapat biodata peluis, yakni biodata Dr.Hasani Ahmad Said, M.A. Berikut ini penjelasan singkat mengenai isi dari materi buku ini:
BAB 1 “Studi Islam dan Ulumul Qur’an: Menyoal Perdebatan Munasabah Al-Qur’an”
Di dalam bab ini dijelaskan pengertian dari munasabah menurut para ahli. Selain itu di dalam bab ini juga dibahas mengenai perdebatan yang muncul antara para ahli agama mengenai penyusunan Al-Qur’an (tartibihi). Dalam bab ini juga dijelaskan bahwasannya dalam menafsirkan dan memahami Al-Qur’an harus utuh. Karena jika tidak, akan menimbulkan penafsiran dan pemahaman yang berbeda, sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman mengenai penafsiran dan pemahaman yang sesungguhnya. Dalam bab ini juga dibahas juga bagaimana cara membumikan Al-Qur’an. Maksud dari membumikan Al-Qur’an yakni melakukan cara-cara sistematis yang diterapkan di masyarakat agar nilai-nilai dari Al-Qur’an dapat terus tumbuh
BAB 2 “Studi Islam dan Kajian Hadis: Wacana Pemahaman Hadits Misoginis, Menggali Akar Rasio-Kultural”
Dalam bab ini menjelaskan tentang hadis “misoginis” yang ramai diperbincangkan dan tidak jarang menimbulkan perdebatan di kalangan para ahli. Selain itu juga dijelaskan bagaimana cara menyikapi ketidakseteraan gender antara laki-laki dan perempuan. Dalam bab ini juga dijelaskan bagaimana cara Islam mengentaskan berbagai ketidakadilan dan penindasan yang sering dikaitkan dan dialami oleh kaum perempuan  .
BAB 3 “Studi Islam dan Kajian Fikih Waris Perspektif Gender”
Dalam bab ini dijelaskan mengenai hukum waris dalam Islam dan dasar-dasar yang menjadi hukum waris tersebut. Bahwasannya laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang sama untuk memperoleh hak waris, hanya saja bagian harta waris yang diterima antara laki-laki dan perempuan berdasarkan hukum waris tersebut berbeda, yakni harta warisan yang diterima oleh laki-laki sama dengan bagian 2 orang perempuan (1:2). Perbedaan ini didasarkan karena adanya perbedaan tanggung jawab, karena tanggung jawab dan tugas yang diemban oleh seorang laki-laki lebih berat dibandingkan dengan perempuan.
BAB 4 “Studi Islam dan Tasawuf: Menyingkap Dimensi Rohani Manusia”
Dalam bab ini dijelaskan mengenai dimensi dalam diri seorang manusia, yakni jasmani dan rohani. Dalam rohani diri seseorang terdiri dari hati, roh, nafsu dan akal yang akan menentukan jati diri manusia yang sesungguhnya. Dari bab ini juga dapat disimpulkan, jika rohani seseorang itu baik maka ia akan memiliki kedudukan yang baik pula. Namun, jika rohani seseorang itu tidak baik maka ia akan memiliki kedudukan yang tidak baik.
BAB 5 “Studi Islam dan Kajian Ekonomi Syariah”
Dalam bab ini menjelaskan mengenai sistim perekonomian dan keuangan berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dan juga pembaharuan ekonomi Islam yang sebaiknya dilakukan. Dalam bab ini juga dijabarkan secara singkat mengenai prinsip-prinsip dalam perbankan syariah yang saat ini sedang gencar dibicarakan dan dampaknya bagi perekonomian. Selain itu, dijelaskan pula menganai cara-cara untuk membumikan ekonomi syariah di Indonesia.
BAB 6 “Studi Islam dan Filsafat dalam Pendekatan Agama”
Dalam bab ini menjelaskan mengenai pengertian filsafat. Selain itu dalam bab ini jga dijelaskan mengenai pendekatan agama mengenai filsafat, metode-metode yang digunakan sebagai studi pendekatan agama,
BAB 7 “Studi Islam dan Pendidikan Berbasis Al-Qur’an”
Dalam bab ini dijelaskan mengenai pendidikan yang berbasi Al-Qur’an. Dalam bab ini juga dijelaskan bahwa Al-Qur’an tidak hanya sebagai firman Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammda SAW sebagai kitab suci umat Islam melainkan sebagai petunjuk bagi umat manusia. Dalam bab ini juga dijelaskan metode-metode dalam Al-Qur’an yang terus dikembangkan dan berkaitan untuk mengembangkan pendidikan.
BAB 8 “Studi Islam dan Potret Tafsir Nusantara”
Dalam bab ini membahas kajian tafsir menurut tokoh agama, yakni M. Qurais Shihab. Dalam bab ini juga disebutkan bahasan yang menjadi disertasi dari M. Qurais Shihab mengani korelasi antara ayat-ayat dan surah-surah dalam Al-Qur’an yang menjadi focus penelitiannya. Selain itu dalam bab ini juga dibahas hasil karya tafsir yang ditulis oleh beberapa tokoh dari Indonesia, diantaranya Imam Nawawi Al Jawi dan Hamka.
BAB 9 “Studi Islam dan Tafsir Kontemporer Atas Pemikiran Nasr Hamid Abu Zayd dan Muhammad Arkoun”
Dalam bab ini menjelaskan tafsie kontemporer dari pemikiran dua tokoh yang mendapatan sorotan di dunia akademik dan tidak jaeang hasil karya mereka menuai banyak kritikan dari para akademisi. Mereka adalah Nsr Hamid Abu Zayd dan Muhammad Arkoun. Bab ini juga berkesinambungan dengan bab 1 yang membahas mengenai munasabah yang dilakukan para ahli.
BAB 10 “Studi Islam dan Analisis Sosiologis-Antropologis: Meneguhkan Tradisi Pesantren di Nusantara”
Dalam bab ini menjelaskan lembaga pendidikan Islam tertua di Nusantara, yakni Pesantren. Dalam bab ini juga menjelaskan pengertian pesantren menurut para ahli. Selain itu, juga dijelaskan secara singkat mengenai tradisi-tradisi yang sering dilakukan dalam pesantren.
BAB 11 “ Studi Islam dan Tafsir Ahkam”
Dalam bab ini menjelaskan secar sederhana mengenai kandungan dalam Al-Qur’an. Kandungan Al-Qur’an yang dijelaskan dalam bab ini mengenai pengertian fikih dan tafsir itu sendiri. Dalam bab ini juga menjelaskan mengenai tafsir ahkam, yakni tafsir Al-Qur’an yang mengacu pada pembahasan ayat-ayat hokum. Dalam bab ini juga dijelaskan bagaimana para sahabat melakukan ijtihad setelah Rasulullah SAW wafat untuk menyesuaikan kasus-kasus yang sedang dihadapi pada masa itu dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Al-Qur;an dan As-Sunnah.
BAB 12 “Studi Islam dan Kajian Tikrar Al-Qur’an dalam Surah Ar-Rahman”
Dalam bab ini menjelaskan pola dan penerapan tikrar yan terdapat dalam surah Al-Rahman Tujuannya untuk melakukan studi ini dimaksudkan untuk mencari informasi secara jelas mengenai penerapan tikrar dalam penafsiran Al-Quran di Indonesia. Dlama bab ini juga dijelaskan tahapan untuk mengkaji Al-Qur’an secara lebih mendalam dan untuk mengungkap rahasia yang terdapat dalam Al-Qur’an.
3.      KELEBIHAN BUKU
Setiap buku tidak luput dari kelebihan dan kekurangan, karena pulis adalah seorang manusia biasa yang jauh dari kesempurnaan, karena kesempurnaan itu hanyalah milik Allah SWT. Buku yang berjudul “Studi Islam 1; Kajian Islam Kontemporer” yang ditulis oleh Dr. Hasani Ahmad Said, M.A. ini memiliki kelebihan yang membuat buku ini sesuai untuk digunakan sebagai referensi mahasiswa/i dalam mata kuliah Studi Islam. Diantara kelebihan dari buku ini, yakni dalam buku ini memuat secara luas pengetahuan tentang Studi Islam, penggunaan tata bahasa yang sesuai dengan EYD meskipun sulit untuk dipahami, memuat segala aspek tentang Islam baik sejarahnya, metodenya, pendekatannya ilmu-ilmu dan sumber dari ajaran Islam, selain itu dalam buku ini juga dijabarkan panafsiran-penafsiran dari beberpa ilmuan terdahulu. Buku ini juga memiliki jumlah halaman yang tidak terlalu tebal sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Dalam buku ini juga memuat tentang isu-isu kontemporer dalam Studi Islam. Selain itu, dalam buku ini juga dimuat kesimpulan pada setiap bab/kajiannya. Selain kelebihan di atas dan sekaligus menjadi kelebihan dari penulis, yakni banyaknya buku referensi yang digunakan sehingga dapat menggambarkan betapa kompleks dan bagusnya buku ini untuk dijadikan sebagai pegangan tidak hanya oleh mahasiswa/I namun juga para dosen pengajar dalam mempelajari Kajian Islam Kontemporer. Buku ini juga dapat dijadikan meteri untuk berdakwah bagi para dai sehingga dapat dengan mudah meluruskan pemahaman masyarakat mengenai Islam dan dapat mengajak pola pikir masyarakat Islam yang sesuai dengan Al-Qur’an.
4.      KEKURANGAN BUKU
Jika buku ini dibaca oleh seorang yang telah memiliki keilmuan Agama Islam yang mempuni, buku ini bisa menjadi modalnya untuk berdakwah. Namun yang mengkhawatirkan adalah jika buku ini dibaca oleh pelajar pemula atau dibaca oleh masyarakat awam, buku ini dapat memberikan pandangan yang berbeda mengenai Islam. Selain itu, kemampuan penulis mengalih bahasakan tulisan dari beberpa sumber juga kurang komunikatif sehingga pembahasn yang seharusnya ringan menjadi sulit untuk dipahami olem pambaca. Kalimat yan digunakan dalam penyampaiannya juga terkesan rumit dan berbelit-belit sehingga pembahasan yang seharusnya menarik bagi pembaca justru membuat jenuh pembaca. Dlam buku ini juga menggunakan banyak istilah sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk pembaca memahami materi yang disampaikan dalam buku ini.
5.      KESIMPULAN
Buku Studi Islam 1 ini merupakan karya Dr. Hasani Ahmad Said, M.A. yang berupaya menkaji perkembangan-perkembangan Islam dengan berbagai pendekatan dan motedenya. Buku ini sangat bermanfaat bagi calon cendikiwan muslim sebangai langkah awal dalam memahami Islam serta menempatkan dirinya sebagai cendikiwian muda zaman sekarang. Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan referensi yang sangat membantu mahasiswa/I dalam kegiatan pembelajaran Kajian Islam Kontemporer.  
6.      SARAN
Harapan penulis adalah semoga karya ini bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi Islam dan para peminat kajian keIslaman di perguruan tinggi umum serta masyarakat pada umumnya. Buku ini juga patut disarankan untuk dibaca oleg seorang dai yang telah memiliki pengetahuan Islam secara mendalam guna mengetahui pola piker orang Barat terhadap Islam. Namun buku ini tidak disarnkan untuk dibaca oleh pelajar pemula dan masyarakat awam. .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar